DIGITAL HUMANITIES

Siapa DigitalHumanities.ID

Digital Humanities ID
Sebuah Inisiasi Digital Humanities Indonesia

DigitalHumanities.ID adalah sebuah inisiasi untuk Digital Humanities di Indonesia. Inisiasi ini sudah direncanakan secara independen sejak beberapa tahun lalu. Latar belakang saya sebenarnya Sarjana bidang Filsafat, yang memberanikan diri menginisiasi Digital Humanities Indonesia. Pengalaman kerja pada bidang jurnalistik, penelitian, pemberdayaan, advokasi kebijakan dan pengelolaan pengetahuan berbasis data dan informasi sambil memanfaatkan pendekatan produksi pada bidang dokumenter, web & aplikasi, selain naskah tekstual, ternyata menghantarkan kedekatan pada praktik Digital Humanities. Belajar dan bekerja dari ragam proyek sejak tahun 2005, turut membawa pengalaman kognitif dari pemanfaatan empirik produksi transmedia storytelling dan interdisiplin. 

Keterlibatan pada pengembangan proyek kebudayaan bersama komunitas antar disiplin dan kebudayaan desa di Indonesia, memperkuat motivasi diperlukannya kehadiran Digital Humanities Indonesia. Ternyata masih banyak Data Kebudayaan di Indonesia belum terkelola dengan baik, secara masif, crowdsource & terintegrasi yang mendorong pemunculan informasi dan pengetahuan baru, demi memperkuat pemanfaatannya oleh warga Indonesia. 

Selain itu, pengalaman mencoba mendalami pengetahuan dan pelatihan terkait Data Analytics, Data Science, Internet of Things, Cyber Security dan Artificial Intelligent beberapa tahun ini juga semakin memperjelas bahwa pengetahuan Digital Humanities di Indonesia penting untuk diakrabi oleh publik. Sebab perkembangan teknologi terkait informatika dan elektronika saat ini lebih kuat mendominasi ritme konsumsi, sementara pola produksi atasnya belum mampu memproyeksikan sebuah pengelolaan pengetahuan kolektif di Indonesia.

Sebenarnya sudah banyak proyek atau praktik terkait Digital Humanities yang dilakukan di Indonesia. Dikaryakan oleh individu, kelompok, komunitas/lembaga, bahkan ada yang berkolaborasi secara internasional. Namun, belum ada media dan organisasi yang secara konsisten dan berkala menghadirkan Digital Humanities di tengah publik secara srategis. Meski praktik Digital Humanities sudah juga terbiasa dijalankan oleh kolaborasi akademisi di beberapa Universitas di Indonesia, namun sebagai sebuah jurusan ataupun program studi masih belum ada di Indonesia. Meskipun belum banyak negara mendirikan program studi atau departemen terkait Digital Humanities di Universitas, komunitas akademik Indonesia adalah salah satu yang potensial.

Berangkat dari beberapa hal di atas, Visi Digital Humanities Indonesia ini sekurangnya akan menjadi media informasi untuk memperluas dan memperkuat Digital Humanities semakin dikenal dan diakrabi oleh publik di Indonesia. Selain itu, data dan informasi bidang Humaniora di Indonesia sangat kaya dan potensial mendorong terjadinya dampak lebih baik, salah satunya melalui ranah Digital Humanities.

Maka misi yang relevan untuk menggapainya, salah satunya dengan membangun dan memperkuat jejaring pengetahuan antar penggiat Digital Humanities di Indonesia, baik perorangan, kelompok ataupun lembaga. Maka melalui platform DigitalHumanities.ID ini, upaya mencapainya akan dikerjakan secara strategis dan independen. Hingga kemudian, jika nantinya DigitalHumanities.ID sebagai sebuah platform dapat memenuhi target-target capaiannya adalah sasaran terbaik. Ataupun jika hanya akan berdampak mendorong replikasi yang serupa, juga mungkin melahirkan inisiasi-inisiasi baru ataupun berbeda atas praktik bertumbuhnya Digital Humanities di Indonesia, juga sebagai harapan yang membahagiakan dan bermanfaat bagi semua pihak. 

DigitalHumanities.ID percaya bahwa ide dan realiasi individu/ kelompok warga, kalangan komunitas indendependen (jurnalis, seniman, arkeolog, filolog, aktifis, penggiat NGO, dsb) dan komunitas akademik kelak akan menghidupi Digital Humanities di Indonesia dan menjadi perluasan pengetahuan berdampak dari Digital Humanities Indonesia di tengah percepatan Teknologi dan Globalisasi.